Kamis, 09 April 2015

TERBENTUKNYA JARINGAN NUSANTARA MELALUI PERDAGANGAN

  • Jalur-jalur perdagangan berkembang pada saat itu di wilayah nusantara akibat adanya faktor kepentingan ekonomi pada saat itu, terutama kegiatan ekonomi kerajaan-kerajaan yang bercorak hindu-budha di nusantara. Pada masa perkembangan hindu-budha  terdapat  dua kekuatan peradaban besar yaitu:china di utara dan india di bagian barat daya. wilayah Nusantara sedang mengalami proliferasi kekuasaan, yang mana banyak bermunculan kota-kota  pelabuhan sebagai tempat penumpukan barang dagangan, termasuk berlangsungnya Perdagangan intenasional (Emporium). Terjadinya komunikasi antar bangsa baik dengan barat maupun utara menimbulkan aliran besar cultural yang membawa ideology, sistem kepercayaan, sistem politik dan berbagai unsur kebudayaan lainnya seperti sastra, kesenian, filsafatdan sebagainya.
  •  Pelayaran dan perdagangan di asia semakin ramaisetelah ditemukan jalan melalui laut antara Romawidan Cina. Rute jalur laut yang dilalui dalam jalurdagang Cina dan Romawi telah mendorong        munculnya hubungan dagang pada daerah-daerah yang dilalui,termasuk wilayah Indonesia oleh karena posisiIndonesia yang strategis di tengah-tengah jalur hubungan dagang Cina dengan Romawi, makaterjadilah hubungan dagang antara kerajaan-kerajaandi Indonesia dan Cina beserta India.
  •  Kedua jalur itu merupakan jalurperjalanan pedagang dan barang dagangannya yang berasal dari Barat dibawa ke Timur, dan sebaliknya. Perdagangan melalui jalur itu juga dipengaruhi olehadanya Angin Muson Barat Laut dan Angin Muson Tenggara. Pergantian kedua jenis angin tersebut memakan waktu 6 bulan sekali sehingga mempengaruhi perjalanan kapal maupun darat.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar